Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Minggu, 14 Juni 2009

PENGERTIAN SURAT

Diposting oleh yHuandazT1627



  •  Surat adalah suatu komunikasi yang digunakan untuk menyanpaikan informasi tertulis oleh suatu pihak ke pihak lain.
    Surat merupakan lembaran kertas yang ditulis atas nama pribadi penulis atau atas nama kedudukannya dalam organisasi untuk berbagai kepentingan .
     Korespondensi = surat menyurat. 
     Korespoden = pihak yang terlibat atau para pelakunya.
     Komunikasi tetulis dengan media surat sampai saat ini masih sangat dibutuhkan dan belum tergantikan media lain.
    Surat memiliki keunggulan sebagai bukti otentik yang memiliki kekuatan hukum yang sah karena surat yang asli tentunya memiliki identitas yang jelas,yaitu tanda tangan asli dan atau stempel (identitas resmi lembaga) asli. 
    Hal-hal khusus yang dimiliki oleh surat yaitu:
    1. Penggunaan kertas (baik,bersih,ukuran ketebalannya,bergaris maupun polos).
    2. Penggunaan model atau bentuk.
    3. Pemakaian bahasa yang khas.
    4. Pencantuman tanda tangan dan stempel organisasi.
    Fungi surat.
    1. sebagai alat untukmenyampaikan pemberitauan, permintaan atau permohonan, buah pikiran / gagasan.
    2. sebagai alat bukti tulis.
    3. sebagai alat untuk mengikat.
    4. sebagai bukti historis.
    5. sebagai pedoman kerja.
    Jenis surat.
    Jenis surat dibagi menjadi :
     Jenis surat dilihat dari sisi,bentuk,isi dan bahasanya,antara lain :
    1. Surat resmi / Dinas
    2. Surat tidak resmi / Pribadi
    3. Surat setengah Resmi
     Jenis surat menurut isinya,antara lain :
    1. Surat Keluarga / Pribadi
    2. Surat Sosial
    3. Surat Dinas
    4. Surat setengah resmi
    5. Surat niaga 
     Jenis surat menurut tujuannya,antara lain :
    1. Surat perintah
    2. Surat permohonan
    3. Surat pemberitahuan
    4. Surat penawaran
    5. Surat keterangan
    6. Surat keputusan
    Bentuk Surat.
    Bentuk surat adalah Pola surat menurut susunan letak dan bagian – bagian surat.
     Menurut pola umum dalam surat – menyurat dikenal 6 macam bentuk surat,yaitu :
    1. Bentuk lurus penuh.
    2. Bentuk lurus.
    3. Bentuk setengah lurus.
    4. Bentuk surat bertekuk.
    5. Bentuk resmi Indonesia lama.
    6. Bentuk resmi Indonesia Baru.
     Bagian – bagian surat resmi :
    1. Kepala surat / Kop surat.
    2. Tanggal surat.
    3. Nomor.
    Lampiran.
     Hal.
     Sifat / Derajat surat.
    4. Alamat yang dituju.
    5. Salam Pembuka.
    6. Isi,terdiri dari : Pembuka
    Isi
    Penutup
    7. Salam penutup.
    8. Indentitas pengirim,TTD,stempel.
    9. Tembusan.
     Perbedaan surat resmi dan surat tidak resmi dari sisi bahasa :
    1. Diksi dalam surat tidak resmi cenderung bebas dan mudah dipahami,sedangkan dalam surat resmi tidak.
    2. Dalam surat tidak resmi kalimat yang digunakan tidak harus baku,terkesan akrab dan tidak taat pada kaidah, sedangkan dalam surat resmi tidak.
    3. Secara umum bahasa dalam surat tidak resmi cenderung ringan, akrab, dan tidak baku.
     Ciri – ciri ragam bahasa tulis :
    1. Sesuai dengan kaidah ejaan
    2. sesuai dengan kaidah katatabahasaan ( berpola )
    3. Berisi ide yang merupakan satu – kesatuan
    4. Bagian – bagiannya berkoherensi
    5. Bervariasi
    6. Beraksentrasi
    7. Logis
     
    Surat Niaga
    Surat niaga adalah surat yang berhubungan dengan masalah perniagaan / perdagangan.
    Surat niaga adalah jenis surat yang isinya berhubungan dengan kepentingan niaga atau perdagangan.
    Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat niaga :
    • Menetapkan tujuan
    • Menetapkan isi surat seperti :
    a. Nama dan jenis barang 
    b. Merk dan kualitas barang
    c. Banyak barang yang ditawar 
    • Penetapan tata urutan isi surat
    • Menyelesaikan setiap bagian isi surat satu persatu
    • Hindari penggunaan singkatan
     Jenis surat niaga : 
    1. Surat Permintaan Penawaran.
    Adalah surat yang berasal dari calon pembeli kepada pihak penjual yang isinya meminta keterangan daftar harga barang atau jasa yang hendak dibeli dari penjual.
    Keterangan yang ingin diperoleh calon pembeli biasanya mengenai :
     Jenis barang
     Harga
     Diskon
     Syarat
     Cara pembayaran / keterangan lain.
    2. Surat Penawaran ( Offerte ).
    Adalah surat yang dibuat untuk memberitahukan tentang barang atau jasa yang akan dijual dengan segala keterangannya kepada calon pembeli.
     Surat penawaran bisa dibuat atas nama atau inisiatif pihak pemilik barang bisa juga karena ada permintaan dari calon pembeli.
     Surat penawaran biasanya memberikan informasi tentang :
    Nama Barang
    Jenis Barang
    Harga satuan
    Kualitas
    Potongan harga
    Syarat pembayaran
    Cara penyerahan
    3. Surat Pembelian.
    Adalah surat yang ditulis oleh calon pembeli kepada penjual barang yang berisi rincian barang – barang yang akan dibeli.
    4. Surat Claim / Keluhan.
    Adalah surat pemberitahuan kepada penjual atau pemilik barang yang tidak sesuai dengan pesanan dan disertai dengan tuntutan penyelesaian.
    5. Surat Kuasa.
    Adalah surat yang berisi kewenangan kuasa untuk melakukan sesuatu atas nama orang yang memberikan kuasa.
    Surat ini biasanya diberikan kepada orang yang dipercaya untuk menyelesaikan urusan pemberi kuasa karena dia tidak dapat melakukan sendiri.
     Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat kuasa :
    1. Pemberian dan penerima surat kuasa harus dewasa,sehat rohani,dan jasmani.
    2. Diberikan kepada orang yang benar – benar dipercaya.
    3. Untuk perorangan surat kuasa tidak perlu diberi nomor surat.
    4. Untuk satu instansi surat kuasa ditulis diatas kertas segel atau dibubui materai.
    5. Ditanda tangani pemberi dan penerima kuasa. 
     Bagian – bagian surat kuasa :
    d. Judul.
    Judulnya yaitu “ Surat Kuasa “.
    e. Indentitas pemberi kuasa.
    f. Alamat pemberi kuasa.
    g. Indentitas yang diberi kuasa / penerima.
    h. Alamat yang diberi kuasa / penerima kuasa.
    i. Keperluan / tujuan pemberian kuasa / bentuk wewenang.
    j. Tanggal, bulan,dan tahun penulisan surat.
    k. Nama dan tanda tangan penerima dan pemberi kuasa.

    Pencantuman tanggal,bulan dan tahun penulisan surat sangat bermanfaat. Pencantuman ini berfungsi untuk :
     Memberitahu penerima kapan surat itu dikirim.
     Memudahkan penelusuran jika terjadi keterlambatan dalam menjawab surat.
     Memudahkan pengarsipan.
    6. Surat Perjanjian Jual - Beli.
    Adalah surat yang berisi persetujuan yang mengikat antara dua pihak / lebih. Dengan surat perjanjian Jual – Beli kedua belah pihak harus menepati janji yang telah disepakati. Bila ada satu pihak yang mengingkari janji atu pihak lainnya berhak menggugat kepada yang berwenang.
     Syarat pembuatan Surat perjanjian Jual – Beli :
    1. Isi saling disepakati pihak yang terkait.
    2. Isi tidak bersifat menekan pihak lain.
    3. Isi tidak menimbulkan rasa panas berbagai pihak.
    4. Pembuatannya atas dasar musyawarah.
    5. Bentuknya benar sesuai aturan.
    6. Memakai bahasa yang saling dimengerti.
    7. Ada pihak yang bertindak sebagai saksi.
     Macam – macam Surat perjanjian :
    Dari segi pengesahannya Surat perjanjian dibagi menjadi :
    1. Surat perjanjian otentik.
    Artinya surat itu disahkan oleh pejabat yang berwenang. (Desa atau Notaris)

    2. Surat perjanjian tidak otentik.
    Artinya surat itu tidak disahkan oleh pihak yang berwenang. Surat perjanjian ini biasa disebut surat perjanjian dibawah tangan.
     Dari segi ini Surat perjanjian dibagi menjadi :
    1. Surat perjanjian Jual – Beli.
    2. Surat perjanjian Sewa – Beli.
    3. Surat perjanjian Sewa – Menyewa.
    4. Surat perjanjian Kerja Borongan.
    5. Surat perjanjian Utang – Piutang.
    6. Surat perjanjian kerja Sama.
     Bagian – bagian / Unsur – unsur Surat perjanjian Jual – Beli :
    1. Judul Surat perjanjian Jual – beli.
    2. Indentitas penjual dan pembeli yang meliputi ;
    - Nama
    - Pekerjaan
    - Alamat,dsb yang dianggap perlu
    3. Isi perjanjian.
    Biasanya isi perjanjian diwujudkan dalam bentuk pasal – pasal yang menyangkut :
    a. Segala macam keterangan barang.
    b. Hak dan kewajiban kedua belah pihak.
    c. Harga yang disepakati.
    d. Waktu penyerahan dan pembayaran.
    e. Kewajiban lanjutan setelah terjadi proses jual – beli.
    f. Keterangan tentang beban – beban.
    g. Keterangan pihak – pihak yang menanggung ongkos balik nama,matrai,pajak,dsb.
    h. Keterangan jika terjadi perselisihan.
    i. Keterangan tentang jumlah perjanjian yang dibuat.
    j. Keterangan tentang ketentuan – ketentuan tambahan lain.
    4. Tempat dan tanggal pembuatan.
    5. Tanda tangan pihak terkait dan nama lengkap.
    6. Tanda tangan dan nama lengkap saksi.
    7. Tanda tangan dan nama lengkap pejabat yang mengesahkan.













     
     



Senin, 11 Mei 2009

Digital Clock

Diposting oleh yHuandazT1627


Get your own Digital Clock

Stick Figure Family

Diposting oleh yHuandazT1627
Jumat, 17 April 2009

What is friendship ?

Diposting oleh yHuandazT1627

IT’S ABOUT FRIENDSHIP!!!

What is friendship ?

* Hubungan antara dua atau lebih orang yang terjadi/ tercipta murni karena adanya niat, keinginan dan ketulusan hati yang harus bener-bener “dijaga” kemurniannya. Jangan sampe ngaku sahabatan tjuma di depannya doonk. Please don’t do it!

* Nyiptain kata friendship emang mudah banget. Tapi inget ngejaga sebuah persahabatan g’ semudah balikin telapak tangan.

* Usahain semaksimal mungkin buat g’ ngianatin sahabat. Siapapun boleh datang dan pergi! Tapi sahabat sejati akan tetap ada dan tumbuh di hati aja. Jadi sejauh apapun jarak kita ma sahabat kita, usahain tetep jaga friendship-nya. Jangan sampe jarak dan waktu misahin apalagi ngancurin friendship yang udah susah-susah dibangun. Cause jujur, mempertahankan lebih sulit dari membangun.

* Kalo kamu rasa sahabat kamu bukan yang terbaik, jangan ragu buat jujur tentang perasaan kamu! Soalnya percuma kalo kamu ngejalanin persahabatan tapi batin kamu tersiksa! Jujur aja! Coz lebih baik jujur! Sepahit apapun kejujuran itu jauu…uh lebih baik daripada manisnya kebohongan!

* Saling percaya, dan hargai perasaan sahabat! Tapi jangan sampe kamu takut buat negur ato ngingetin do’I kalo dy salah! Itu bukan sahabat namanya! Sahabat yang baik akan selalu ada ‘n ngingetin kita! Klo emang dy bukan yang seperti itu, cari aja yang laen! N inget juga! Jangan maen-maen ma friendship, coz kehilangan sahabat itu sakit banget! So, please keep your friendship!

* Sahabat jangan dilihat dari lamanya perkenalan! Coz belum tentu orang yang lama deket ma kita, itu adalah sahabat terbaik kita! Bisa jadi orang yang baru kenal yang malah bisa jadi sahabat kita!!!

* Sahabatan ga’ harus bareng!! Soalnya itu bisa bikin kita bosen! Tapi kalo dia sahabat yang baik, kemungkinan kecil dy bosen ma kita! Dia pasti bisa ngerti kita! Dia akan selalu ada! g’ Cuma waktu qta lagi seneng, tapi waktu qta sedih n’ luka dia juga ada nemenin kita!.

* Sahabat juga manusia! Jadi jangan paksa dia buat ngertiin qta terus! Mereka juga butuh!

* Sahabat g’ selamanya benar! Jadi jangan segan nasihatin dia!

* Remember! Bom yang paling jitu ngancurin persahabatan! Ni dia!

  • Bosen
  • Masalah sepele yang digede-gedein
  • Kurang komunikasi ma sahabat (miss contact)
  • Terlalu percaya orang lain sebelum tau yang sebenarnya

* Bukan Cuma sahabat yang kita punya! Tapi inget juga! Qta masih punya ortu yang lebih penting! Tapi bukan berarti sahabat g’ penting! Mereka penting banget buat kita! Jadi jaga mereka n’ usaha adil ke mereka!

* Never say good bye to your friendship! Remember! They will always stay in your heart! They will always love you!

* Positive thinking! N’ sabar!

* Keterbukaan adalah modal utama persahabatan! Jadi, usaha deh terbuka ke sahabat! Coz sahabat sejati akan selalu setia nerima u apa adanya! Jadi ajngan ragu! Jujur!

* Sahabat juga bisa feel jealous!

* Sahabat yang adalah dia yang bisa ngejaga apa yang kami percayakan ke dia! Dia g’ akan nyebarin kejelekan kamu ke dia! Dan bahkan mungkin dia akan menghapus kejelekan itu dan ngajak kamu berubah lebih baik.

* Jangan lupa! Jujur, terbuka, n’ ikhlas! Persahabatan sejati adalah persahabatan yang tercipta kerana Allah! Jadi jaga juga sahabatmua semata-mata karena Allah!

* Dalam sahabat, g’ akan pernah ada kata malu atau sungkan. Percaya deh, sahabat kita akan lebih sakit klo dia tau u sungkan/malu ke dya! Jadi hapus deh pikiran”shy” itu! Dia sahabatmua jadi jangan malu! Sahabat lebih dari saudara! Mereka yang dket ma Qta bukan semuanya sahabat! Tapi sekali sahabat tetep sahabat! Keep your friendship! And enjoy it!

That’s all an see u later!

SAHABAT

Diposting oleh yHuandazT1627

30 hal yang prlu kamu ketahui

tengtang

sahabat sejati

o Sahabat sejati bersedia memberi waktu berharganya untuk menunggu

o Sahabat sejati ada pada saat semua orang meninggalkan kita

o Sahabat sejati menjadi telinga yang paling sempurna bagi mulut kita

o Sahabat sejati memberi solusi bagi masalah yang tidak bisa kita pecahkan sendiri

o Sahabat sendiri memancarkan ketenangan bagi kegalauan hati kita

o Sahabat sejati menutup rapat mulutnya walau semua orang mengancap membunuhnya

o Sahabat sejati memberi yang terbaik dari apa yang dia miliki

o Sahabat sejati akan merasa berdosa ketika dia tidak menegur kesalahan kita

o Sahabat sejati menangis dan tertawa bersama kita walau dia telah terluka tanpa kita sadari

o Sahabat sejati Berusaha untuk memberikan apa yang kita inginkan

o Sahabat sejati mengusap air mata kita dan menukarnya dengan senyuman kebahagiaan

o Sahabat sejati membantu mencarikan apan yang sesungguhnya hilang dari diri kita dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik

o Sahabat sejati Tidak pernah berhenti mencintai dan menyayangi kita walau kita telah lupa kepadanya

o Sahabat sejati Tidak peduli dengan apa pun dan siapa pun diri kita yang diprdulikannya hanya bagaimana cara menjaga kasih sayangnya untuk kita

o Sahabat sejati memberi alasan kenapa kita harus berubah dan membantu kita mencapai perubahan yang lebih baik

o Sahabat sejati tetap berada disamping kita ketika kita melakukan kesalahan

o Sahabat sejati adalah mereka yang tidak pernah mengatakan sesuatu yang indah tapi melakukan sesuatu yang membuat kita merasa begitu berharga

o Sahabat sejati membanyarkan apa yang tidak bisa kita banyar

o Sahabat sejati berusaha menepayi janji yang diucapkan ketika kita lupa dengan janjinya

o Sahabat sejati adalah orang yang mencintai dan menyayangi kita dengan tulus dan mau menerima kita apaadanya

o Sahabat sejati memberitanpa mengharapkan apapun sebagai imbalan

o Sahabat sejati mengatakan tentang diri kita untuk kebaikan

o Sahabat sejati menjadi pelindung ketika musuh – musuh menyerang kita

o Sahabat sejati adalah mereka yang bersedia membantu ketika kita jauh

o Sahabat sejati memberikan air saat kita dahaga

o Sahabat sejati membantu mengatasi segala rintangan yang kita dapatkan

o Sahabat sejati terlihat ketika dia tidak pernah mengundurkan perhatiannya kepada kita meskipun banyak orang juga yng memperhatikan dirinya

o Sahabat sejati bijaksana dalam bersikap bukan berkata – kata

o Sahabat sejati dan kita telah menjadi puzzle yang saling melengkapi satu sama lain sehingga membentuk sebuah gambar kehidupan yang sempurna

o Sahabat sejati sering mengatakan bahwa kehidupan diakhirat lebih penting / lebih baik dan lebih kekal dibandingkan kehidupan didunia